Mendapatkan kehamilan terkadang membutuhkan proses yang panjang dengan usaha usaha tertentu yang tidak mudah. Meskipun seseoarang wanita dan pasangannya sudah melakukan berbagai macam usaha hingga mengeluarkan modal besar seperti menjalani program bayi tabung tetap saja keberhasilan mendapatkan kehamilan tersebut sangat dipengarahui oleh rencana sang pencipta. Mendapatkan proses kehamilan menjadi suatu hal yang paling dinginkan sebagai salah satu tujuan sebuah pernikahan.

Berkaitan dengan sulitnya usaha untuk memperoleh proses kehamilan tersebut tentu setiap ibu hamil akan berusaha agar kondisi kehamilannya dapat terjaga dengan baik dan setiap proses perkembangan yang ada berjalan dengan lancar dan normal sesuai dengan usia kehamilan. Demi menjaga kehamilan agar selalu dalam kondisi yang baik dan terbebas dari berbagai macam permasalahan atau gangguan kehamilan maka setiap ibu perlu melakukan beberapa usaha tertentu.

Salah satu bentuk usaha yang harusnya diprioritaskan untuk dapat dilakukan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil baik dalam jumlah maupun jenisnya. Nutrisi ibu hamil tersebut dapat didapatkan melalui makanan sehat untuk ibu hamil dalam bentuk makanan utama maupun makanan tambahan. Berikut ini beberapa manfaat makanan tambahan ibu hamil yang dapat membantu melancarkan proses kehamilan dan mencegah terjadinya berbagai macam kondisi yang dapat membahayakan kesehatan ibu maupun janin dalam uraian di bawah ini.

Pengertian Makanan Tambahan Ibu Hamil

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat dari berbagai macam makanan tambahan bagi ibu hamil tersebut maka alangkah lebih baiknya memahami lebih dahulu mengenai pengertian dari makanan tambahan untuk ibu hamil. Makanan tambahan merupakan satu program kementerian kesehatan yang menciptakan jenis makanan tambahan bagi ibu hamil dengan kandungan gizi yang tinggi. Bentuk makanan tambahan bagi ibu hamil tersebut sampai saat ini berupa biskuit yang dikemas.

Komposisi gizi dan kandungan yang terdapat pada makanan kehamilan

Makanan tambahan yang berbentuk biskuit sandwich terbuat dari terigu, lemak nabati tanpa hidrogenasi, gula, susu, telur, kacang kacangan, buah kering, diperkaya nutrisinya dengan vitamin dan mineral, serta tanpa ditambahkan bahan pengawet, bahan tambahan pangan, bahan pewarna, dan pemanis buatan. Biskuit sandwich makanan tambahan ibu hamil tersebut memiliki konsistensi yang kering dan renyah dengan krim padat dan lembut rasa buah di tengahnya.

Manfaat Makanan Tambahan Ibu Hamil

Makanan tambahan yang diberikan kepada ibu hamil tersebut dapat dikonsumsi untuk membantu memperlancar proses kehamilan dan menghindari berbagai macam gangguan kehamilan yang tidak diinginkan. Berikut ini manfaat makanan tambahan ibu hamil secara lengkap dalam penjelasan di bawah ini.

Memenuhi kebutuhan kalori 

Manfaat pertama yang bisa diperoleh ibu hamil ketika mengkonsumsi makanan tambahan adalah membantu memenuhi kebutuhan kalori. Kebutuhan kalori ibu hamil meningkat hingga 4 kali lipat dibandingkan dalam kondisi yang normal. 100 gram biskuit sandwich makanan tambahan ibu hamil tersebut dapat memenuhi kebutuhan satu pertiga kalori selama hamil dan sisanya akan terpenuhi dengan konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil secara rutin.

  • Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil

Manfaat selanjutnya yang dapat diperoleh dari makanan tambahan ibu hamil adalah mampu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil karena memang kandungan makanan tambahan tersebut sangat kaya dengan nutrisi. Pemenuhan nutrisi selama kehamilan sangat penting untuk dilakukan oleh ibu hamil karena besar pengaruhnya pada proses pertumbuhan dan perkembangan janin. Nutrisi selama masa kehamilan jumlahnya juga meningkat dibandingkan dengan sebelum hamil.

Menjaga berat badan ibu hamil

Ibu hamil harus dapat memiliki berat badan yang cukup dalam mengarungi proses kehamilan yang berlangsung hingga 40 minggu sebelum persalinan terjadi. Salah satu manfaat makanan tambahan bagi ibu hamil adalah mampu membantu ibu dalam memenuhi berat ideal selama kehamilan. Konsumsi biskuit tambahan meskipun memiliki manfaat yang baik tetap harus sesuai dengan aturan yang ditetapakan dan biasanya jumlah konsumsi biskuit makanan tambahan bayi tersebut jumlahnya disesuaikan dengan usia kehamilan. Jika ibu hamil sudah memiliki berat tubuh yang ideal maka pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil tersebut dapat dihentikan atau dikurangi jumlahnya.

Itulah beberapa manfaat makanan tambahan ibu hamil yang perlu diketahui karena biasanya akan di dapatkan setelah melakukan pemeriksaan kehamilan di puskesmas. Makanan tambahan ibu hamil merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk membantu para ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan dengan lancar dan menjaga kesehatan ibu secara langsung dan memiliki nutrisi ibu hamil yang terpenuhi dengan baik. Biskut makanan tambahan ibu hamil hanyalah pelengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil secara rutin.

Meskipun berupa makanan, aturan konsumsi biskuit makanan tambahan ibu hamil tersebut tetap harus ditaati dengan baik agar tidak muncul efek samping bagi kondisi tubuh ibu hamil secara langsung karena kelebihan nutrisi tertentu. Biskut tersebut hanya merupakan makanan tambahan sehingga ibu hamil tetap harus mengkonsumsi makanan utama tanpa menguranginya.

Sumber :https://hamil.co.id/By Agil Antono, S.Farm, Apt