Instagram merupakan salah satu media sosial yang terkenal di kalangan masyarakat dengan tujuan utama aplikasinya menjadi wadah dalam berbagi konten-konten menarik berupa foto dan video gratis dalam smartphone. Pengguna Instagram dapat membagikan foto atau video yang mereka unggah kepada teman dan pengikut mereka.
Berdasarkan data dari KompasTekno, jumlah pengguna media sosial terbanyak pada tahun 2023 menunjukkan bahwa pengguna media sosial favorit pilihan masyarakat jatuh kepada WhatsApp dan Instagram. Kedua aplikasi tersebut menjadi pilihan terfavorit masyarakat sebagai media dalam menyalurkan kreativitasnya dalam mempromosikan konten-konten tertentu.
Melihat peluang tersebut, strategi promosi wisata Waterpark Tirtoredjo melalui media sosial WhatsApp dan Instagram dapat lebih dioptimalkan lagi. Pemilihan konten-konten kreatif yang menarik perhatian masyarakat dapat menjadi nilai tambahan agar wisatawan lebih banyak berkunjung di wisata tersebut.
Perkembangan konten melalui media sosial yang telah dikelola oleh Instagram Waterpark Tirtoredjo mendapatkan insight yang cukup baik dengan mayoritas penontonnya berasal dari warga lokal dusun Jombong dan sekitarnya. Apabila konten-konten didalam Instagram maupun media sosial lainnya dapat dioptimalkan kembali dengan membangun suasana baru mengikuti trend media sosial masa kini akan menambah minat pengunjung wisata untuk mendatangi Waterpark Tirtoredjo tersebut.
Disusun oleh : Tim KKN-PPM UGM Periode 2 Tahun 2023